Selasa, 03 Desember 2013

Jalan-jalan ke Papua?! (Preparation)

Rencana ingin menjelajah ke Papua sudah ada sejak tahun 2012. Dan seperti biasa, saya dan sahabat saya, @rari_rurero mulai menyusun rencana anggaran dan informasi terkait dengan perjalanan ke Papua nantinya. Kawasan wisata yang ingin kami kunjungi adalah Kepulauan Raja Ampat.

Nov 2012 ...
Hitung punya hitung, kami pun menyiapkan budget min. 8jt (meskipun kami backpacker, tapi sebetulnya kami juga bukan tipe yang terlalu "nggembel" karena bagaimanapun perjalanan itu pasti ada hal yang tak terduganya. Akhirnya, kami mempersiapkan diri untuk menabung sampai pada Oktober 2013.

Lama tak berdiskusi, tau-tau sudah bulan Juni 2013 ...
Di bulan tersebut, kami janji temu lagi dan kebetulan sekalian trip ke Lampung. Dari pertemuan tersebut, kami akhirnya mengumpulkan informasi yang didapat masing-masing untuk didiskusikan bersama.
Mulai dari info tempat-tempat wisatanya, rute perjalanannya, sampai hunting tiket promo.

Juli 2013 ...
Dari yang tadinya rencana pergi 4 orang, akhirnya hanya 3 orang saja yang sepertinya positif untuk ikut. Kami memang merencanakan trip Raja Ampat 2Okt - 9Okt 2013 - cukup panjang, dan sebagai karyawan biasanya memang kepenthok sama yang namanya pengajuan cuti. Untunglah, saya dan Rari sudah fix dapat ijin cuti :)
Di bulan ini, kami sudah mulai gencar mencari dan memesan tiket pesawat. Kami memilih rute perjalanan via Makasar, dengan rute berangkat Jakarta - Makasar (kami cari penerbangan yang malam hari) lalu melanjutkan penerbangan dengan rute Makasar - Sorong (penerbangan pagi, mengingat sesampai di Sorong kami nantinya harus mengejar jadwal kapal pukul 14.00 yang akan menghantar kami ke Raja Ampat). Tiket PP Jakarta - Makasar dan Makasar Jakarta kami beli pada bulan ini, karena kami dapat harga promo yang bagus dari maskapai Air Asia :)

Agustus 2013 ...
Persiapan demi persiapan, satu persatu sudah hampir lengkap ... tapi oooppss! kami belum beli tiket PP Makasar - Sorong dan Sorong - Makasar. Tapi berkat promo "Hari Kemerdekaan" lagi - lagi kami dapat harga yang cukup bagus dari maskapai Merpati Air dan Xpress Air, alhasil tiket transportasi pun sudah lengkap di tangan.

September 2013 ...
Hari - hari keberangkatan pun sudah dekat, suasana gembira bak anak kecil yang menanti sebuah kado di hari ulang tahunnya, he he he .... namun, hal lain sempat membuyarkan semangat kami. Tadinya, kami pikir kami sudah fix akan berangkat 3 orang, namun salah satu travelmate kami mendadak menghilang (bahkan sampai sekarang pun tidak diketahui keberadaannya ... ironis!). Padahal, semua info penginapan (booking dan kontaknya sudah diaturkan oleh teman saya itu). Sempat bingung, namun demi sebuah tantangan dan pengalaman baru yang sudah dinantikan hampir setahun, dalam waktu 2 minggu, kami susun plan B.
Dalam seminggu saya dan Rari, dua sampai tiga kali bertemu, untuk membahas dimana akan menginap, bagaimana disana, dll.
Bagi saya, pertolongan Tuhan itu selalu hadir disaat yang tepat. Kami diberi kemudahan dan dipertemukan orang-orang yang akhirnya membantu kami. Dan penginapan sudah OK, akomodasi sudah OK, print tiket OK, peta-peta juga udah disiapin (sapa tau nyasar sampe Australia ahahahaha), semuanya OK.
Berbekal tekad dan semangat membara, kami berdua (seperti biasa) akan menjadi duo crazy girls and ready for backpacking trip to Raja Ampat! yeahhh ....

Oktober 2013 ...
Hari itu hari Rabu, seharian di kantor rasanya lamaaaaaaa banget?!! (maklum, udah pengen travelling aja soalnya :p) ... dan jam 17.30 akhirnya tiba juga ...
Bergegas untuk segera meluncur ke bandara Soekarno Hatta, yeaaahh ...